KLIK DI SINIUntuk Pasang Iklan

Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

loading...

 

membuka-pelajaran

1.  Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

Keterampilan membuka dan menutup pelajaran ialah guru usaha guru untuk mengkondisikan mental peserta didik agar siap dalam menerima pelajaran. Dalam membuka pelajaran peserta didik harus mengetahui tujuan yang dicapai dan langkah-langkah yang akan ditempuh keterampilan menutup pelajaran adalah kemampuan guru dalam mengakhiri kegiatan inti pelajaran. Dalam menutup pelajaran guru dapat menyimpulkan materi pelajaran mengetahui tingkat pencapaian peserta didik, dan tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar.

Pengembangan keterampilan membuka dan menutup pelajaran sebenarnya harus merupakan usaha guru dalam menciptakan kesungguhan, ketelatenan, ketertiban, dan keberhasilan proses belajar mengajar itu sendiri. Mengajar bukanlah pembuatan yang begitu saja dilakukan secara tiba-tiba peserta didik dibawa dalam kegiatan inti. Secara dadakan akan harus termenungi, mengajar merupakan perbuatan yang menempuh suatu prosedur tertentu. Dimulai dengan penciptaan kesiapan peserta didik mengikuti pelajaran pemeliharaan kesungguhan dan upaya mendorong perasaan senang dalam belajar, dan penutupan kegiatan belajar dengan memberikan kesan yang baik dan positif.

2.  Tujuan Membuka dan Menutup Pelajaran

  • Menyiapkan mental peserta didik agar siap memasuki persoalan yang akan dibicarakan.
  • Untuk menimbulkan minat dan perhatian peserta didik terhadap pelajaran yang akan dibicarakan.
  • Agar peserta didik mengetahui batas-batas tugasnya yang akan dikerjakan.
  • Memungkinkan peserta didik mengetahui hubungan-hubungan antara pengalaman-pengalaman yang dikuasai dengan hal-hal baru yang akan dipelajari.
  • Memungkinkan peserta didik mengetahui tingkat keberhasilannya dalam pelajaran.

3.  Prinsip-prinsip Membuka dan Menutup Pelajaran

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran ini:

  • Hubungan antara pendahuluan dengan inti pelajaran serta dengan tugas-tugas yang akan dikerjakan sebagai tindak lanjut nampak jelas dan logis.
  • Menggunakan apersepsi yaitu mengenalkan pokok pelajaran dengan menghubungkan pengetahuan yang sudah diketahui oleh peserta didik.
  • Dalam membuka pelajaran harus memberi makna kepada peserta didik, yaitu dengan menggunakan cara-cara yang relevan dengan tujuan dan bahan yang akan disampaikan.
Share

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.